Selamat Datang di Blog Mutiara Bee..Berisi pembelajaran-pembelajaran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi siapa saja..

Pengenalan dan Arsitektur Jaringan

Masuk kedalam pembahasan inti, yaitu tentang network…ya,,jaringan…Berikut merupakan kesimpulan dari beberapa buku-buku referensi saya, dan tidak lupa juga dengan bantuan paman google..Winking smile

Jaringan

Jaringan atau network adalah suatu mekanisme yang memungkinkan berbagai komputer terhubung dan para penggunanya dapat berkomunikasi dan share resources satu sama lain. Informasi dan data bergerak melalui media transmisi jaringan, sehingga memungkinkan user jaringan komputer untuk saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware / software yang terhubung dengan jaringan.

Saat ini kita mengenal beberapa jenis jaringan pada umumnya yaitu jaringan data dan jaringan internet.


Jaringan data adalah sebuah jaringan yang memungkinkan komputer-komputer yang ada saling bertukar data. Contoh yang paling sederhana dari jaringan data adalah dua buah PC terhubung melaui sebuah kabel. akan tetapi rata-rata jaringan data menghubungkan banyak alat.

Jaringan internet adalah sekumpulan jaringan-jaringan yang saling terhubung oleh alat jaringan dan akan menjadikan jaringan-jaringan tersebut sebagai satu jaringan yang besar. Public internet adalah contoh yang paling mudah dikenali sebagai jaringan tunggal yang menghubungkan jutaan komputer.

Arsitektur Jaringan

Ada 3 jenis arsitektur jaringan data, antara lain :

1. LAN ( Local Area Network )

Jaringan ini beroperasi dalam area yang jaraknya terbatas ( kurang dari 10 kilometer ). Biasanya jaringan ini bersifat tertutup karena hanya digunakan oleh sekumpulan orang dan memberikan akses bandwith yang tinggi dalam lingkup kelompok yang menggunakannya. Alat yang digunakan adalah switch dan hub.

Intinya, jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil lagi. Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan

2. MAN ( Metropolitan Area Network )

Jaringan ini beroperasi dalam area yang lebih luas dari LAN. Biasanya jaringan MAN berfungsi untuk menghubungkan LAN yang berada terpisah secara goegrafis. Biasanya digunakan juga untuk fulltime / partime connectivity antar daerah dan juga untuk public services seperti email. Alat yang biasa digunakan di jaringan ini adalah router.

Intinya, Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3. WAN ( Wide Area Network )

Jaringan ini beroperasi dalam area yang lebih luas secara geografis. Biasanya menghubungkan jaringan MAN yang terpisah sehingga memungkinkan untuk terjadinya pertukaran informasi dah sharing data dan devices. Alat yang digunakan adalah kumpulan dari router dan gateway.

Intinya, jaringan WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara.

0 komentar: